Everyone Loses Their Minds!

July 02, 2016

mpok gaga
(Pacar dan saya yang kelelahan di PIM 2 sore tadi)

Bayangkan bila video klip "Hash Pipe" di-shoot di Pondok Indah Mall 1 sampai 3 dengan kondisi sale besar-besaran menjelang lebaran seperti sekarang ini. Mungkin Rivers Cuomo cs bakalan stres sepulangnya shooting video klip. Itu yang terjadi dengan saya dan pacar sore tadi di Pondok Indah Mall.

#JuliNgeblog saya hari kedua ini akan bercerita sedikit tentang pengalaman (niat) berbelanja di minggu-minggu menjelang lebaran. Sejak 1 minggu yang lalu saya mulai menyicil berbelanja kebutuhan duniawi saya untuk menyambut hari lebaran yang tinggal 3 hari lagi. Dari peralatan make up, pakaian dan stok bir yang banyak. Hasilnya? Saya nggak bisa fokus berbelanja sesuai kebutuhan, walau sudah dicatat sekalipun. Sampai di mall (saya anaknya PIM banget, jadi selalu ke sana) saya nggak bisa nyaman dan santai berbelanja, serba buru-buru, dan nggak rileks. Saya salah satu orang yang cukup bisa sesak nafas dan pusing berat kalau dihadapkan dengan banyaknya jumlah orang di satu tempat. Makanya tiap kali nonton konser yang jumlah penontonnya bisa sampai ratusan ribu, saya seringkali melipir ke pinggir untuk sekedar tarik nafas. Pengap.

Ibu saya pernah cerita, kalau nggak salah 2 atau 3 tahun lalu, beliau trauma berbelanja ke supermarket sewaktu bulan puasa tiba dan menjelang lebaran. Ibu saya bilang, beliau lumayan ketakutan dan ngeri melihat wajah orang-orang yang berbelanja. Di mata beliau, wajah mereka menampakkan nafsu yang teramat sangat, dan sikapnya menjadi beringas. Ambil ini-itu, sikat sana-situ, sikut kiri-kanan, nggak paham apakah mereka benar-benar membutuhkan barang-barang tsb atau tidak. 

Pas saya mendengarkan cerita Ibu tsb, yang akhirnya mengubah kebiasaan berbelanja Ibu di bulan puasa dan menjelang lebaran, saya pikir Ibu berlebihan saja. Saya nggak pernah melihat dan merasakan hal yang sama dengan beliau. Namun sejak tahun lalu, saya melihat dan merasakan hal yang sama seperti Ibu. Yep. Lumayan bikin ngeri juga sih.. dan saya akhirnya memilih cepat-cepat beli barang yang saya butuhkan, lalu bergegas pulang tanpa pikir dua kali.

Aktivitas macam ini selalu terjadi setiap tahunnya. Semua orang berlomba-lomba berbelanja paling banyak, semua orang berlomba-lomba menghabiskan uang mereka (yang sebenarnya saya nggak peduli juga), semua orang berlomba-lomba menjadi pribadi yang konsumtif. Termasuk saya tentunya. Biaya merayakan (so called) hari kemenangan, seringkali nggak kecil, yang biasanya menghabiskan jatah setengah bulan gaji dan juga THR. Setelah selesai gimana? Ya hidup dengan sisa uang yang ada, lalu kembali kerja keras bagai kuda~ (you sing, you lose! hahahahha)

Everyone loses their minds as always. Seolah pengalaman pahit sampai harus berhutang demi berlebaran nggak juga menjadi pelajaran. Jadi kalau saya ditanya; "Udah beli baju lebaran?" akan saya jawab; "Sudah, dibeliin pacar, diskonan 50%, alhamdulillah." terus kalau pas lebaran ditanya; "Kapan nikah?" saya akan jawab; "Nanti, kalau Ibu sudah kasih saya ijin buat bikin tattoo."

Selamat menjelang lebaran untuk kalian semua yang merayakannya. Harap diingat, masih ada kurang lebih 15 hari untuk dijalani setelah lebaran. Jaga baik-baik uang kalian, pergunakan dengan bijak, jangan sampai dari tanggal 15-31 nanti bakalan cuma makan indomie dan promag. Kalau saya sih bakalan cuma makan sisa lauk masakan lebarannya Ibu. Ini sudah terjadi selama 2 tahun terakhir, lumayan menghemat.

Untuk kalian yang sedang dalam perjalanan mudik, hati-hati di jalan. Kalau ngantuk dan sedang membawa kendaraan, melipir segera untuk tidur, jangan paksakan diri. Ada keluarga yang menunggu kalian.

Mari bersulang jagerbomb dan kembali mendengarkan Weezer!

Kemang, July 2nd 2016
"Hash Pipe" - Weezer

You Might Also Like

0 comments