Dari Tanah Kembali Ke Tanah

July 04, 2016


2 Minggu yang lalu saya berhasil meyakinkan Ibu untuk bersama-sama menjenguk Bapak yang dalam beberapa bulan terakhir sudah tidak dapat bangun dari tempat tidur, karena mengidap komplikasi Paru yang diakibatkan oleh TBC, cerita perjalanan saya waktu itu ada di sini.

(Foto Berdua Bapak Pertama dan Terakhir Kalinya di Februari 2012)

Tadi malam sekitar jam 9 kurang saya dikabari oleh adik tiri perempuan saya, bahwa Bapak sudah nggak ada, berpulang ke pangkuan Allah SWT. Saya sempat bengong, perlahan berusaha mencerna LINE message darinya. Rasanya ada sesuatu yang mencelos keluar dari dada saya, dan meninggalkan sebuah lubang. Setelah beberapa menit, baru bisa membalas LINE message ke adik saya, dan mengucapkan belasungkawa. Berusaha menguatkan dia secara virtual, sekaligus merasa bersalah saya tidak dapat segera hadir disampingnya, dan menjalankan peran saya sebagai kakak paling besar. 

Selang beberapa saat kemudian saya telepon Ayah tiri saya dan beberapa teman dekat untuk menyampaikan kabar tsb, lalu posting di Path. Bukan karena ingin pamer kehilangan, namun saya butuh teman-teman saya memberikan doa untuk Bapak, agar jalan menuju liang lahat bisa selapang mungkin. Lalu saya telepon satu-satunya teman baik Bapak yang saya kenal di Setiabudi, dan melakukan hal yang sama. Tidak lupa berpesan, bila Bapak ada tanggungan, mohon segera beritahukan kepada saya agar bisa saya dan keluarga selesaikan sesegera mungkin. 

Bapak bukanlah Father Figure yang sesuai dengan ekspektasi saya, begitu pula dengan Ayah tiri saya. Karena tidak ada manusia yang sempurna, walau seringkali manusia menggantungkan ekspektasi mereka teramat tinggi nyaris menyentuh kesempurnaan. Seringkali terlupa bahwa di atas langit masih ada langit. Dan seringkali ingin berada jauh dari tanah yang ditapakinya. 

Bapak, terima kasih atas semua yang sudah Bapak lakukan untuk Ibu, saya dan keluarga Bapak. Tidak ada yang bisa menghindar dari maut, dari tanah kembali ke tanah, berpulang ke rumah Allah SWT. Semoga Bapak menemukan ketenangan.

Beberapa tulisan saya tentang Bapak bisa dibaca di sini dan di sini.

Kemang, July 4th 2016
"Bad" - U2

You Might Also Like

0 comments