California Is Here!

July 01, 2016

blink 182 california
(Blink 182's California Cover)

Terinspirasi dari postingan Mbak Ratri Chibi di Facebook-nya tentang #JuliNgeblog, saya langsung ikutan karena momentumnya pas dengan jadwal rilis album ketujuhnya Blink 182 yang bertajuk "California". Beberapa waktu lalu Blink 182 merilis single dari album terbaru mereka yang berjudul "Bored To Death" di Youtube, dengan format video lirik. Pertama kali mendengarkan lagu tsb, saya sedikit menyepelekan Matt Skiba, yang menurut saya; "kok kurang kawin ya sama Mark & Travis?" lalu sempat enggan menyetel lagu itu lagi.

Selang beberapa waktu akhirnya Blink 182 merilis video klip untuk lagu tsb, pas nonton sempat terpaku sebentar setelah lagunya selesai. Saya merasakan atmosfer yang sama ketika saya melihat video klip tsb dengan album Blink 182 "Self Titled" (2003). Buat saya puncak eksplorasi Blink 182 adalah di album tsb, dimana mereka Mark-Tom-Travis, banyak terpengaruh dengan Descendents, The Cure dan Pink Floyd. Tidak dapat dipungkiri, pengaruh side project mereka di Box Car Racer (Tom DeLonge), Transplants (Travis Barker) dan +44 (Mark Hoppus) juga terasa kental di album ini, namun Descendents dan The Cure menang banyak. Ditambah lagu "All Of This" menghadirkan Robert Smith (The Cure) sebagai featured vocalist. Penilaian saya akan itu makin kuat. Namun demi cinta saya kepada Mark Hoppus, "Stockholm Syndrome" dan "Violence" adalah masterpiece buat saya sampai saat ini.

Saya menerima full track album "California" dari seorang teman baik, die hard fans Blink 182, Bara Anadiputra. Dia sudah pernah menyaksikan konser Blink 182 dengan mata kepalanya sendiri, di Vans Warped Tour (kalau nggak salah), dan membuat saya membencinya sampai ke tulang sumsum sampai sekarang. Namun pertemanan kami nggak putus, biasalah iri hati soal nonton konser mah, pasti akan selalu ada. Ya kan bar? :D

Selama 1 minggu penuh saya dengarkan album "California", dan sampai detik ini, saya selalu mendapatkan goosebumps yang sama di 6 lagu yang ada, yaitu; "Bored To Death", "Home Is Such A Lonely Place", "Teenage Satellites", "Kings of The Weekend", "San Diego", dan "Rabbit Hole". 

Secara keseluruhan album "California" menjadi sosok Blink 182 yang jauh lebih mature, lebih wise, dan kadar juvenile-nya sedikit menurun dari album terakhir mereka, "Neighborhoods". Musikalitas mereka di album ini ditata dengan sangat baik oleh John Feldman, yang menurut cerita mereka bertiga, Feldman "memaksa" mereka masuk ke studio dan membuat lagu serta lirik, yang saat itu terlintas di kepala mereka. Mereka mengaku sempat kewalahan dengan treatment Feldman, namun membuktikan sendiri hasilnya saat ini. "California" menerima pujian dari Rolling Stone, Uproxx, serta media-media lainnya.

Sampai akhir bulan ini, saya akan ikutan #JuliNgeblog, dan beberapa hari ke depan saya akan menceritakan bagaimana pengalaman goosebumps saya dengan 6 lagu yang tadi disebutkan di atas, dan mungkin tentang single terbaru Red Hot Chili Peppers, dan Rihanna. Sisanya? Yah.. lihat nanti saja lah :D yang penting bisa aktif nge-blog lagi.

Bangka Raya, 1st July 2016
"Bored To Death & San Diego" - Blink 182

You Might Also Like

0 comments